Skip to content

10 Rekomendasi Stand Mixer Terbaik (2024)

  • 4 min read
1000006567 01

Menggunakan stand mixer dalam pembuatan kue akan membuat prosesnya lebih mudah karena Anda tidak perlu lagi memegangnya dengan tangan. Namun begitu, sebelum membeli stand mixer Anda perlu mengetahui apa saja yang jadi harus dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih stand mixer terbaik. Kami memiliki beberapa rekomendasi stand mixer untuk Anda supaya tidak salah membelinya.

Apa Itu Stand Mixer?

Stand mixer adalah alat elektronik berupa mixer yang berbentuk menyatu dengan wadah adonan sehingga tidak perlu dipegang menggunakan tangan. Hal ini sangat berbeda dengan hand mixer yang harus dipegang dengan tangan untuk penggunaannya. Stand mixer umumnya lebih kokoh, lebih stabil, dan pada banyak kasus penggunaan akan lebih efektif dan efisien untuk digunakan daripada menggunakan hand mixer. Saat mixer bekerja mengaduk adonan, Anda dapat melakukan pekerjaan lain. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa harga stand mixer umumnya juga lebih mahal dibandingkan dengan hand mixer.

Tips Memilih Stand Mixer

Stand mixer yang bagus adalah stand mixer yang dapat memenuhi kebutuhan. Hal ini berarti bahwa sebuah stand mixer merek atau model tertentu bisa bagus untuk satu orang namun belum tentu bagus digunakan oleh orang lain dikarenakan kebutuhan yang berbeda. Memang benar bahwa stand mixer yang bagus harus memiliki seluruh fitur yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah stand mixer. Namun nyatanya tidak semua orang membutuhkan seluruh fitur tersebut.

Mereka dengan dana yang terbatas mungkin sudah cukup senang untuk dapat memiliki stand mixer dengan fitur dasar saja karena kemungkinan memang fitur dasar tersebut yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, tidak semua orang membutuhkan stand mixer dengan harga yang mahal dengan fitur super lengkap.

Pertimbangan utama dalam memilih stand mixer adalah bagaimana Anda akan menggunakan stand mixer tersebut. Stand mixer yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan bergantung pada apa yang paling penting bagi Anda. Terdapat berbagai jenis stand mixer yang berbeda di pasaran dengan ukuran, kapasitas dan fitur masing-masing.

Meskipun begitu, secara umum terdapat beberapa panduan yang bisa diperhatikan dalam memilih sebuah stand mixer. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih stand mixer.

1. Sesuaikan Ukuran dengan Kebutuhan

Sebaiknya pilihlah stand mixer dengan ukuran dan kapasitas yang sesuai kebutuhan. Anda tidak perlu membeli yang berukuran atau berkapasitas besar apabila kebutuhan hanya sedikit setiap kali Anda menggunakannya, dengan begitu disisi lain Anda dapat menekan budget yang dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Namun sebaliknya, apabila kebutuhan Anda banyak dalam sekali penggunaan janganlah membeli stand mixer dengan ukuran kecil hanya demi menekan budget.

2. Sesuaikan Fitur dan Aksesoris dengan Kebutuhan

Umumnya orang ingin memiliki all rounder stand mixer dengan segundang fitur lengkap sehingga dapat digunakan untuk apa saja. Namun tentu stand mixer dengan fitur lebih banyak akan memiliki harga yang lebih tinggi pula. Apabila Anda memang memiliki budget untuk membelinya maka boleh saja. Kembali lagi, hal yang terpenting adalah pilihlah stand mixer dengan fitur yang Anda butuhkan bukan hanya karena justifikasi bahwa dengan adanya fitur yang lengkap yang belum Anda butuhkan saat ini kemungkinan akan dapat dibutuhkan di masa depan.

3. Perhatikan Daya Listriknya

Sesuaikan pilihan daya listrik stand mixer dengan daya listrik di rumah Anda. Stand mixer dengan ukuran yang sama bisa memiliki kebutuhan daya listrik yang berbeda. Oleh karena itu perhitungkan dengan baik penggunaan daya apabila digunakan secara bersamaan dengan alat elektronik lainnya yang juga membutuhkan listrik. Memilih untuk membeli stand mixer dengan daya listrik yang tepat akan menentukan kenyamanan saat bekerja menggunakan stand mixer tersebut. Apabila listrik sering turun saat kelebihan daya tidak hanya akan mengganggu kenyamanan namun juga beresiko merusak stand mixer beserta alat elektronik lainnya di rumah.

10 Rekomendasi Stand Mixer Terbaik

Berikut adalah 10 pilihan stand mixer yang dapat dijadikan sebagai masukan bagi Anda dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah stand mixer.

Bosch Stand Mixer MUMS2EB01

Memiliki mangkuk dengan bahan stainless steel sehingga aman dan bebas dari karat. Kapasitas mangkuk sebesar 3,9 liter yang setara dengan 2 kg adonan. Multimation drive menggunakan sistem 3D mixing yang dapat membuat adonan tercampur dengan sempurna.

Harga: Rp 2.800.900 – Rp 3.301.000